Asesmen Nasional Pengganti UN Mulai di Terapkan Tahun 2021

Reporter: R46

Mamuju-RealitaIndonesia.id-Para Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Mamuju hari ini menerima Asesmen Nasional dan melakukan Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS).

Sosialisasi Asesmen Nasional da MKKS dilaksanakan diruang Aula SMA Negeri 1 Kabupaten Mamuju dengan tetap mengedepankan Protocol kesehatan covid-19. Kamis 19-11-2020.

Musyawarah di Narasumberi tim dari Dinas dan Kebudayaan Provinsi diantaranya Drs.Muhammad Asrul M.Pd, Muslimin S.Pd.,M.Pd serta H.Maryam S.Pd.,M.Pd dan dibuka langsung Kadis Dikbud Sulbar Prof. DR Bufron M.Ed.

Muh Asrul, salah satu Narasumber dalam sosialisasi Asesmen Nasional kepada RealitaIndonesia.id mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah memberi pemahaman kepada kepala para sekolah terkait sistem baru yakni Asesmen Nasional yang kemudian menggantikan sistem Ujian Nasional.

Ket Gambar: Pemateri Asesmen Nasional dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, Muhammad Asrul

“Jadi tidak ada lagi Ujian Nasional Mulai Tahun Depan di 2021 yang ada namanya Asesmen Nasional” Ujar Asrul.

Iklan Agro

Asesmen Nasional dijelaskan Asrul adalah sistem baru dari Kementrian Pendidikan untuk menggantikan sistem Ujian Nasional (UN) dimana para siswa atau murid di tingkat SMA nantinya tidak dinilai lagi dari prestasi hasil belajar siswa melainkan di ukur dari dari kualitas siswa dan kualitas sekolah secara nasional.

“Sistem Asesmen Nasional ini nantinya bukan menciptakan siswa yang berkualitas namun juga menciptakan pendidikan yang juga berkualitas” lanjut Asrul.

Sementara itu Ketua MKKS H.Muhammad Tahir bersama RealitaIndonesia mengatalan, Sosialisasi Asesmen nasional hari ini sangat penting diketahui sistemnya secara keseluruhan oleh para kepala sekolah

Ket Gambar: Ketua MKKS, Muhammad Tahir

“Makanya kita lakukan Musyawarah ini untuk memahami lebih jauh langkah dari Kemetrian Pendidikan Pusat terkait Asesmen Nasional dan dijelaskan langsung oleh pemateri dari tim  Disdikbud Provinsi Sulbar” ujar Tahir

Sistem Asesmen Nasional ini kabarnya akan mulai di terapkan dan di uji coba pada bulan maret 2021.